super mario world gameboy advance

REVIEW SUPER MARIO WORLD – Ketika era Game Boy Advance (GBA) berjaya, Nintendo telah merilis sebanyak 4 buah game Super Mario yang merupakan versi port dan beberapa di antaranya sebagai remake dari katalog game Mario lawas (meskipun jarak umurnya saat itu kisaran belasan tahun).

Đang xem: Super mario world gameboy advance

Untuk kali ini, saya mempersembahkan review game Super Mario yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di serinya; Super Mario World.

Tentang Super Mario World: Super Mario Advance 2

Game Super Mario World pertama kali dirilis untuk konsol Super Nintendo Entertainment System (SNES) atau Super Famicon pada tahun 1990. Sejarah mencatat bahwa Super Mario World merupakan game SNES terlaris sepanjang masa dengan penjualan mencapai 20 juta kopi.

Pada tahun 2002, Nintendo merilis versi reissue dari Super Mario World SNES dengan nama Super Mario World: Super Mario Advance 2. Di dalamnya terdapat dua macam game: Super Mario World dan Mario Bros..

Jalan cerita Super Mario World tidak jauh berbeda dengan game Super Mario kebanyakan. Mario dan Luigi berpetualang untuk menyelamatkan sang putri, Princess Peach dari kepungan Bowser (Kuppa).

Petualangan Mario dkk di Dinosaur Land

Super Mario World berlatar di Dinosaur Land. Diperkenalkan Yoshi, dinosaurus kecil penghuni asli pulau tersebut yang siap untuk memandu perjalanan Mario dkk.

*

Bowser memiliki komplotan lain, Kamek sang kura-kura tukang sihir. Ada juga Koopalings, alias Koopa Bersaudara yang berperan menjadi boss di masing-masing world. Peran tersebut dilanjutkan ke beberapa game Super Mario lainnya, seperti New Super Mario Bros. 2.

Selanjutnya, Dinosaur Land menjadi latar tempat untuk Super Mario World 2: Yoshi’s Island (SNES). Di dalam game tersebut, para Yoshi akan menjadi pemeran utama dan menawarkan format game yang sedikit berbeda dari Super Mario. Yoshi’s Island mendapatkan sekuel untuk Nintendo DS, Yoshi’s Island DS (2006) dan Nintendo 3DS, Yoshi’s New Island (2014).

Ketika Luigi Bukan Lagi “Pemain Kedua”                                

Hal terhebat dari Super Mario World versi GBA adalah Luigi mendapatkan peran yang seutuhnya. Luigi bukan lagi dinomor duakan di sini atau hanya sebatas “skin”. Justru di stage tertentu ia dapat sangat berguna. Mengapa demikian?

Jawabannya adalah Luigi diberikan kemampuan melompat dan berlari yang lebih baik daripada Mario, namun Luigi mudah terpeleset ketika berjalan biasa. Jika membutuhkan lompatan yang tinggi, gunakanlah Luigi. Pemain dapat berganti antara Mario atau Luigi sebelum memainkan suatu stage.

*

Peran Luigi sebagai pemain utama bukanlah yang pertama kali terjadi di Super Mario World. Di Super Mario Bros. 2 (di Jepang dikenal dengan nama Super Mario USA) versi GBA, Luigi telah diberikan kemampuan yang berbeda. Game Super Mario lainnya seperti Super Mario 3D Land dan Super Mario 3D World juga menerapkan hal yang serupa.  

Ada sebuah game alternatif dari Super Mario yang menjadikan Luigi sebagai pemeran utama seutuhnya, bahkan lebih sulit daripada Super Mario yang biasanya. New Super Luigi U (WiiU) awalnya dirilis pada tahun 2013 untuk memperingati 30 tahun debutnya Luigi di Mario Bros.. Kini, New Super Luigi U sudah menjadi bagian dari New Super Mario Bros. U Deluxe yang bisa dimainkan di Nintendo Switch.

Rintangan yang Semakin Menantang

Dalam review kali ini, Super Mario World pada konsol GBA ini menjadi game Super Mario paling komplit di eranya. Item, musuh, juga rintangan baru diperkenalkan. Terdapat sekitar 9 world dan hampir 100 macam stage (sudah termasuk stage rahasia) yang dapat dimainkan.

*

Rumah hantu (Ghost House) ikonik di Super Mario pertama kali muncul dalam game ini. Untuk menyelesaikan level tersebut mungkin akan memakan waktu yang lebih lama daripada menyelesaikan boss stage atau sejenisnya. Keberadaannya telah membuat para gamer pusing tujuh keliling hanya untuk mencari jalan keluarnya (ditambah lagi keberadaan para hantu; Boo). Nantinya, Ghost House akan menjadi salah satu elemen wajib di game Super Mario selanjutnya.

Xem thêm: Máy Chơi Game Điện Tử 4 Nút Hdmi Tay Cầm Không Day Giá Rẻ Tại Tphcm

Jika kamu sangat jeli, kamu dapat menemukan pintu keluar rahasia di stage tertentu. Meskipun hal tersebut sudah lama ada sejak Super Mario Bros., di game Super Mario World pada konsol GBA inilah keberadaan mereka dimaksimalkan. Bisa jadi, pintu keluar rahasia tersebut merupakan jalan pintas untuk menyelesaikan game. Bahkan, ada salah satu world yang menuntut pemain memutar otak untuk mencari jalan keluarnya.

*

Di Dinosaur Land, terdapat 4 macam saklar (switch) yang diperlukan untuk mengaktifkan special block bertanda “!” dengan warna yang berbeda. Untuk menemukan aksesnya, pemain harus mencarinya lewat jalan keluar rahasia (secret exit) di stage tertentu. Keberadaan special block sangat penting, sehingga menuntut pemain untuk sebisa mungkin mencari letak saklarnya.

Kehadiran Yoshi di dalam game selain menambah keseruan, juga membuatnya semakin menantang. Pada dasarnya Yoshi dapat terbang sedikit dan menembak api setelah memakan musuh. Berdasarkan stagenya, pemain dapat menemukan Yoshi kecil (Baby Yoshi) atau Yoshi besar yang langsung menetas dari telur.

Setiap Yoshi memiliki kemampuan yang berbeda berdasarkan warnanya. Ketika awal bermain, pemain diperkenalkan dengan Yoshi hijau. Kemudian muncullah Yoshi kuning yang dapat menghentakkan bumi, Yoshi biru yang dapat terbang lebih lama, serta Yoshi merah yang dapat menembakkan lebih banyak semburan api.

Extra World yang Bikin Penasaran

Kemunculan Star Road dan Special Zone sebagai extra world membuat pemain semakin penasaran untuk menemukan aksesnya. Untuk menemukan akses ke Star Road dan Special Zone, pemain harus mencari jalan keluar rahasia yang ditemukan di suatu stage, tanpa harus menamatkan gamenya.

*

Ada 5 macam akses masuk dan keluar ke Star Road di Super Mario World. Sedangkan Special Zone hanya bisa diakses dari Star Road. Keduanya menawarkan stage yang lebih menantang. Extra world seperti Star Road dan Special Zone akan menjadi sebuah tradisi untuk game Super Mario selanjutnya.

Super Mario Advance 2, Semakin Lebih Baik untuk Versi GBA

Super Mario World versi GBA dilengkapi dengan berbagai penambahan fitur yang membuatnya semakin lebih baik dari versi aslinya.

Super Mario World telah memiliki sistem world map yang diperkenalkan pada Super Mario Bros. 3 (NES/Famicon). Pemain dapat mengulang kembali suatu stage untuk menyempurnakan skor dan mencari stage rahasia yang harus dibuka melalui pintu keluar rahasia di beberapa stage tertentu.

Penambahan suara (voice acting) pada karakter menambah keseruan dalam bermain, terutama suara ikonik Mario dan Luigi yang sama-sama dikerjakan oleh Charles Martinet.

Pemain dapat menyimpan game kapan saja dan di mana saja, tanpa harus menunggu hingga menyelesaikan stage Fortress (mid-boss), Ghost House, atau Castle (boss) di tiap world. Sayangnya, fitur tersebut dihilangkan pada beberapa game Super Mario selanjutnya.

Kesimpulan Review Super Mario World GBA

Dalam review kali ini, Super Mario World versi GBA menawarkan pengalaman bermain Super Mario yang lebih menantang dan penuh dengan misteri. Kesuksesan Super Mario World tentunya memengaruhi game Super Mario lainnya.

Xem thêm: Top 5 Game Trang Điểm Cho Búp Bê Trang Điểm, Trò Chơi Trang Điểm

Super Mario World versi GBA lebih ramah untuk pemain pemula dibandingkan dengan versi aslinya. Semua berkat fitur save game di mana saja dan pergantian karakter. Karena kesuksesan Super Mario World itulah, membuatnya menjadi salah satu game dari seri Super Mario dan game SNES yang patut untuk dimainkan kembali.

Super Mario World versi SNES dapat dimainkan kembali di aplikasi SNES / Super Famicon khusus untuk pengguna Nintendo Switch Online. Tentunya, kamu dapat memanfaatkan fitur “suspend game” jika ingin menyimpan progress game tanpa harus menyelesaikan level tertentu untuk menyimpannya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *